Langsung ke konten utama

BMC - Nasi Goreng Kebab Pademangan

 

Hallo teman-teman jumpa lagi dengan artikel saya, semoga selalu dalam keadaan sehat yaa..

Pada kesempatakan kali ini saya akan membahas bagaimana cara untuk membuat BMC (Business Model Canvas). Apasih BMC itu ?, BMC adalah sebuah strategi dalam manajemen dan berupa visual chart yang terdiri dari 9 elemen. Berikut contoh BMC-Nasi Goreng Kebab Pademangan.




1.    Customer segments (segmentasi konsumen)

Elemen pertama yang harus anda miliki dalam memulai bisnis model kanvas ini adalah menentukan segmen pelanggan mana yang akan menjadi target bisnis.

 

Target Nasi Goreng Kebab Pademangan ialah semua kalangan, pria dan wanita mulai dari anak-anak hingga lansia, terutama pengguna aplikasi gofood/grabfood.


2.      Value proposition (proposisis nilai konsumen)

Ini adalah sekat yang merupakan keunggulan produk, apa saja sesungguhnya poin-poin yang dapat mendatangkan manfaat yang ditawarkan perusahaan bagi customer segmentnya. Hal ini menjadi kesempatan bagi anda untuk menjabarkan kekuatan dan keunggulan yang membedakan bisnis anda dengan bisnis yang lain.

 Value proposition yang dimiliki Nasi Goreng Kebab Pademangan ialah

-          Harga sangat terjangkau

-          Makanan cepat saji

-          Varian menu yang banyak

-          Rasa yang enak, khas dan unik

-          Disukai oleh berbagai umur (dari anak-anak sampai lansia)

-          Bisa dipesan secara online, tentunya ada penawaran promo menarik

 


3.      Channels (saluran)

Channel atau saluran adalah bagaimana anda bisa menyampaikan produk anda sampai hingga kepada konsumen. Melalui penggunaan channels yang tepat, Anda baru bisa menyampaikan value propositions kepada customer segments. Jadi, cobalah pikirkan channels yang ingin Anda gunakan dengan baik, karena penentuan channels adalah salah satu elemen penting bagi keberhasilan sebuah  bisnis.

Channels yang digunakan Nasi Goreng Kebab Pademangan ialah :

-          Aplikasi grabfood/gofood

-          Social media

-          Direct marketing

 


4.      Revenue streams (sumber pendapatan)

Revenue stream merupakan bagian yang paling vital, di mana organisasi memperoleh pendapatan dari pelanggan. Elemen ini harus dikelola semaksimal mungkin untuk meningkatkan pendapatan bisnis. Jangan sampai ada bahan baku, produk, atau kinerja yang tidak dimanfaatkan secara maksimal.

Revenue streams Nasi Goreng Kebab Pademangan :

-          Penjualan secara offline dan online (grabfood/gofood)

 


5.      Key resource (sumber daya)

Key resource adalah sekat dalam bisnis model kanvas yang berisikan daftar sumber daya yang sebaiknya direncanakan dan dimiliki perusahaan untuk mewujudkan value proposition mereka. Semua jenis sumber daya, mulai dari pengelolaan bahan baku, penataan sumber daya manusia, dan penataan proses operasional menjadi perhatian dalam membuat model bisnis.

Key resources (sumber daya utama) Nasi Goreng Kebab Pademangan, yaitu :

-          Bahan baku

-          Tenaga kerja

-          Aplikasi grabfoof/gofood

-          Peralatan dan perlengkapan masak

-          Gerobak

-          Lapak jualan

-          Peralatan penyimpanan bahan baku

-          HP dan kuota

 


6.      Customer relationship (hubungan konsumen)

Ini merupakan elemen di mana perusahaan menjalin ikatan dengan pelanggannya. Perlu pengawasan yang ketat dan intensif agar pelanggan tidak mudah berpaling ke bisnis yang lain hanya karena jalinan hubungan yang kurang baik.

Customer relationship yang digunakan Nasi Goreng Kebab Pademangan :

-          Mengadakan promo bekerja sama dengan mitra usaha (grabfood/gofood)

-          Mempertahankan pelayanan dan kualitas produk

-          Melakukan inovasi produk

-          Menggunakan social media untuk promosi dan feedback dari customer

-          Aplikasi grabfood/gofood

 


7.      Key activities (aktivitas yang dijalankan)

Key activities adalah semua aktivitas yang berhubungan dengan produktivitas bisnis yang berkaitan dengan sebuah produk, di mana kegiatan utamanya adalah menghasilkan proposisi nilai.

Key activities “Nasi Goreng Kebab Pademangan”

-          Menyuplai bahan-bahan

-          Pengolahan bahan-bahan (memasak, membuat adonan)

-          Mencatat barang in-out dan stock

-          Menjual produk

-          Melakukan promosi produk

-          Menghitung total sales harian

 


8.      Key partnership (Kerjasama)

Elemen ini berfungsi untuk pengorganisasian aliran suatu barang atau layanan lainnya. Posisi-posisi partner kunci tersebut bermanfaat untuk efisiensi dan efektivitas dari key activites yang telah dibuat. Tak ada salahnya menjalin hubungan baik untuk menciptakan siklus bisnis sesuai dengan ekspektasi.

Key partner “Nasi Goreng Kebab Pademangan”

-          Kerjasama mitra usaha (grabfood dan gofood)

-          Food v-logger

-          Supplier bahan baku dan perlengkapan

-          Packaging supplier

-          Pemiliki tempat sewa toko

 


9.      Cost structure (struktuk biaya)

Elemen terakhir yang tak kalah pentingnya dengan kedelapan elemen lainnya adalah struktur pembiayaan bisnis. Mengelola biaya secara efisien akan membuat bisnis yang dijalani menjadi lebih hemat dan bisa meminimalkan risiko kerugian. Hal ini juga dapat menentukan proposisi nilai yang tepat untuk pelanggan. Pada elemen terakhir ini, tentu dibutuhkan laporan keuangan yang tepat. 

Cost structure “Nasi Goreng Kebab Pademangan”

-          Gaji pegawai

-          Bahan baku

-          Sewa tempat

-          Biaya pembuatan Packaging

-          Biaya Kuota/wifi

-          Biaya listrik & air

-          Biaya transportasi (bensin)

-          Biaya overhead

 

Artikel ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah kewirausahaan Institut Stiami yang dibimbing oleh dosen : Endra Marsudi, B.Ag., MBA

Penulis

Annisa Clara (CB191110655)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wirausaha Sukses Inspiratif

  Ketika ingin memulai bisnis sendiri banyak sekali keraguan yang muncul, seperti “klo gagal gimana?” “klo gabalik modal gimana?” dan banyak factor lainnya. Seperti yang sudah pernah saya bahas sebelumnya mengenai “ dapatkah saya menjadi entrepreneur? ” dan “ entrepreneur :born or created? ” disana saya membahas tentang karakter dan mindset yang bagaimana sih yang harus dimiliki seorang entrepreneur atau calon wirausaha. Bisa kalian cek disana 😊 Setiap wirausaha yang sukses pasti memiliki cerita dibelakangnya masing-masing. Pada artikel ini saya akan membahas progress yang menarik dari salah satu wirausaha kuliner sukses di Indonesia. Warunk Upnormal merupakan salah satu kunjungan kuliner yang sangat terkenal di kalangan milenial saat ini. Banyak yang menjadikan tempat ini sebagai rekomendasi tempat nongkrong yang harganya kantor pelajar berkisar 15-40rb-an dengan suasana yang nyaman dan instagramable. Warunk upnormal terkenal dengan produk makanannya yang unik. Menu andalan r