Langsung ke konten utama

Dapatkah Saya Menjadi Entrepreneur ?

 

Apasih entrepreneur itu ? Entrepreneur adalah seseorang yang bisa membuat perubahan, inovasi, dan ide-ide baru. Seorang entrepreneur dikenal dengan karakteristik atau personality, diantaranya mempunyai jiwa kepemimpinan, mampu memoivasi diri sendiri, mandiri, selalu kreatif dan inovatif, optimis, tidak takut akan kegagalan dan selalu menyukai tantangan.

Dari karakteristik diatas apakah kamu sudah mempunyai salah satunya? Atau kamu belum mengetahui karakteristik atau personality yang kamu miliki ? Nah ! dalam hal ini kamu tidak perlu bingung, karena kamu bisa mengikuti beberapa tes kepribadian yang akan menjelaskan karakteristik atau personality yang kamu miliki dan memahaminya. Kemudian kamu bisa menilai dan mengenal diri sendiri “Bisakah saya menjadi entrepreneur?”

Aku akan sharing secara singkat mengenai hasil tes yang sudah aku lakukan dan hasil tes kepribadiannya adalah ESTP dan Steadiness. Extraverted Sensing Thinking Perceiving (ESTP) dikenal sebagai The Promoter (si promotor). Promotor menyukai aktivitas dan tantangan baru. Mereka mempesona, percaya diri, dan popular. Mereka tidak menyukai hal yang detil. 10% dari penduduk bumi adalah ESTP dan hampir semuanya memiliki jiwa petualang yang tinggi. Seorang ESTP dikenal dengan pribadi yang aktif,enerjik, cekatan dan mudah beradaptasi. Kelemahannya, tidak menyukai penjelasan yang Panjang dan detail, kurang bisa memahami perasaan dan pemikiran orang lain. Profesi yang cocok untuk ESTP ialah entrepreneur, techinal support, sales dan marketing.

ESTP Introduction - Personality Central | Personality psychology, Mbti  personality, Estp

Untuk hasil tes yang kedua yaitu STEADINESS. Steadiness memiliki karakteristik umum sebagai pendengar yang baik, anggota tim yang baik, tenang dan posesif. Seorang steadiness dapat diandalkan dan baik sebagai penengah konflik. Kekurangan seorang steadiness yaitu suka menolak perubahan, sensitive terhadap kritik dan sulit menentukan prioritas.

Dari penjelasan singkat diatas, dapat disimpulkan bahwa seorang yang mempunyai kepribadian ESTP dan STEADINESS mampu dan memiliki peluang sebagai entrepreneur. Karena kepribadian tersebut menyukai aktivitas dan tantang baru, cekatan dan percaya diri. Dan seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa profesi entrepreneur masuk kedalam profesi yang cocok untuk seorang ESTP.

Contoh kasus seorang ESTP selalu ingin mencoba berbagai peluang yang ada dan selalu ingin mencoba hal-hal baru. Seperti kamu sedang memiliki bisnis dibidang kuliner, dan saat itu penjualan produk skincare sedang memilliki peluang besar untuk berbisnis, dan kamu mencoba untuk memulai bisnis dibidang tersebut dengan promosi mengikuti trend-trend yang ada. Walaupun belum berpotensi akan berhasil tapi kamu lebih memilih mencobanya dengan pemikiran tidak takut akan kegagalan yang akan didapat. 

Kalian bisa coba test kepribadian pada link berikut :

1. https://tes.anthonykusuma.com/16-kepribadian/tes --> Test MBTI

2. https://tes.anthonykusuma.com/disc/tes --> Test DISC

Jangan lupa sharing di komen ya hasil tes kalian, selamat mencoba 😊

 

Artikel ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah kewirausahaan Institut Stiami yang dibimbing oleh dosen : Endra Marsudi, B.Ag., MBA

 

Penulis

Annisa Clara (CB191110655)

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wirausaha Sukses Inspiratif

  Ketika ingin memulai bisnis sendiri banyak sekali keraguan yang muncul, seperti “klo gagal gimana?” “klo gabalik modal gimana?” dan banyak factor lainnya. Seperti yang sudah pernah saya bahas sebelumnya mengenai “ dapatkah saya menjadi entrepreneur? ” dan “ entrepreneur :born or created? ” disana saya membahas tentang karakter dan mindset yang bagaimana sih yang harus dimiliki seorang entrepreneur atau calon wirausaha. Bisa kalian cek disana 😊 Setiap wirausaha yang sukses pasti memiliki cerita dibelakangnya masing-masing. Pada artikel ini saya akan membahas progress yang menarik dari salah satu wirausaha kuliner sukses di Indonesia. Warunk Upnormal merupakan salah satu kunjungan kuliner yang sangat terkenal di kalangan milenial saat ini. Banyak yang menjadikan tempat ini sebagai rekomendasi tempat nongkrong yang harganya kantor pelajar berkisar 15-40rb-an dengan suasana yang nyaman dan instagramable. Warunk upnormal terkenal dengan produk makanannya yang unik. Menu andalan r

BMC - Nasi Goreng Kebab Pademangan

  Hallo teman-teman jumpa lagi dengan artikel saya, semoga selalu dalam keadaan sehat yaa.. Pada kesempatakan kali ini saya akan membahas bagaimana cara untuk membuat BMC (Business Model Canvas). Apasih BMC itu ?, BMC adalah sebuah strategi dalam manajemen dan berupa visual chart yang terdiri dari 9 elemen. Berikut contoh BMC-Nasi Goreng Kebab Pademangan. 1.     Customer segments (segmentasi konsumen) Elemen pertama yang harus anda miliki dalam memulai bisnis model kanvas ini adalah menentukan segmen pelanggan mana yang akan menjadi target bisnis.   Target Nasi Goreng Kebab Pademangan ialah semua kalangan, pria dan wanita mulai dari anak-anak hingga lansia, terutama pengguna aplikasi gofood/grabfood. 2.       Value proposition (proposisis nilai konsumen) Ini adalah sekat yang merupakan keunggulan produk, apa saja sesungguhnya poin-poin yang dapat mendatangkan manfaat yang ditawarkan perusahaan bagi customer segmentnya. Hal ini menjadi kesempatan bagi anda untuk men